12 months ago


Sejak diluncurkan, LCGC telah menjadi kendaraan yang populer di Indonesia, sebuah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dimana tingkat kepemilikan mobil per kapita yang rendah menyiratkan bahwa ada sebagian pembeli mobil pertama yang berpotensi signifikan, yang sebagian besar memiliki uang terbatas dan oleh karena itu tidak dapat membeli yang lebih banyak. Kendaraan konvensional dianggap mahal. Sejak mobil murah Indonesia LCGC diperkenalkan di pasar Indonesia pada akhir 2013, permintaan telah solid dan meningkat. Saat ini, LCGC menguasai 16,7 persen pangsa pasar di pasar penjualan mobil di Indonesia. Namun, angka ini meningkat hingga 20 persen di akhir tahun 2016 karena peluncuran model LCGC baru.

Misalnya, sejak peluncuran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada 2 Agustus 2016, lebih dari 6.000 pesanan ditempatkan untuk mobil-mobil murah Indonesia ini (hampir dua pertiga pesanan untuk kendaraan Toyota Calya). Pesanan diperkirakan akan meningkat lagi karena kedua model tersebut disorot di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yang diselenggarakan antara tanggal 11 - 21 Agustus 2016 di Serpong (Banten). Acara ini diperkirakan akan mendongkrak penjualan mobil secara keseluruhan di Indonesia pada paruh kedua 2016.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil murah Indonesia naik 11,4% (y / y) menjadi 91.471 unit pada Juni 2016. Sementara penjualan mobil di Indonesia mencapai 531.860 unit pada semester I 2016, Naik 1 persen (y / y) hanya dari penjualan mobil pada periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa daya beli dan kepercayaan konsumen Indonesia baru tumbuh sedikit selama tahun lalu. Gaikindo menargetkan penjualan mobil tumbuh antara 5 - 10 persen (y / y) menjadi 1,1 juta kendaraan pada tahun 2016 penuh.

Penjualan mobil murah Indonesia LCGC naik 10 persen (y / y) menjadi 89.000 kendaraan dalam enam bulan pertama tahun 2016, sehingga menunjukkan kenaikan yang jauh lebih curam dibandingkan mobil konvensional.

Kendaraan multi purpose vehicle yang populer di Indonesia termasuk Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio. Rata-rata, jenis mobil ini semua memiliki label harga di atas Rp 180 jutaan. Mobil murah Indonesia LCGC, di sisi lain, dapat ditawarkan dengan harga lebih murah karena produsen mobil hemat bahan bakar ini telah mendapat insentif pajak dari pemerintah. Salah satu persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah setidaknya 85 persen komponen mobil murah Indonesia LCGC harus bersumber di dalam negeri.

← Mobil Keluarga Paling Irit dan Ternyaman Terbaru Mobil Keluarga Paling Irit dan Terbaru 2017 →